0

Perbedaan Oracle dengan MYSQL



>

· Kalau di MySQL biasanya kita bikin 1 database untuk tiap project yang kita buat, dan dalam database itu kita buat tabel-tabel yang diperlukan dalam project yang sedang kita buat.

· Berbeda dengan Oracle, biasanya di Oracle kita membuat 1 database, dalam database itu ada yang namanya Schema. dan baru dalam shcema itu ada tabel-tabel. jadi urutannya DATABASE –> SCHEMA –> TABLE

· jadi biasanya kalo di oracle, kita membuat 1 shcema untuk 1 project yang kita buat dan dalam schema itulah kita buat tabel-tabel yang diperlukan dalam project

· selain itu biasanya kalo di MySQL kita membuat user trus dikasih grand ke user tersebut untuk mengakses database atau tabel tertentu, selain itu biasanya untuk membuat database kita tidak perlu membuat user.

· Berbeda dengan oracle, kalo kita membuat shcema baru otomatis kita harus membaut user baru untuk schema tersebut, tapi bisa juga user yang kita gunakan mengakses schema milik user lain dengan cara ngasih grand lewat user SYSTEM atau kalo di MySQl lebih dikenal dengan ROOT

· Mysql adalah database , sedangkan Oracle bukan hanya database tetapi merupakan development tool

· Mysql digunakan untuk usaha kecil dan menengah sedangkan oracle untuk skala enterprise.

· Pada Mysql dukungan table sampai dengan 60 ribu table sedangkan pada oracle dukungan memori untuk databasenya mencapai 1 terabyte.

· Pada mysql dikenal tipe data Varchar sedangkan di oracle tidak melainkan varchar2.

· Mysql bersifat open source alias gratis yang berada di bawah lisensi GPL(General Public license) walaupun juga ada versi berbayar yaitu enterprise , sedangkan oracle bersifat license kecuali produk oracle xe yang dapat digunakan untuk belajar oracle bagi mahasiswa.

· Secara Logic pada mysql user berada di luar database sehingga satu user dapa membuat beberapa database, sedangkan pada oracle dikenal adanya schema dimana user berada di dalam database yang dimana pengaturan user ini dilakukan oleh user system/dba

· Mysql sangat banyak digunakan sebagai database pada aplikasi web(php,jsp,ruby on rails) karena sifatnya yang free dan ringan serta multiplatform, sedangkan oracle tidak begitu banyak digunakan pada aplikasi web.

· Pada mysql tidak dibutuhkan storage yang besar sedangkan pada oracle haruslah siap mempunyai storage yang besar.

· Dalam Hal keamanan mysql yang sudah mencapai versi 5.4 sudah cukup aman sedangkan oracle yang sudah dalam versi 11g dalam hal keamanan lebih aman dari yang lain.

· karena sifatnya yang opensource tidak ada dukungan support bagi yang memakainya sedangkan pada oracle karena sifatnya yang license terdapat dukungan support bagi pemakainya.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Back to Top